0341 9481 481 / 081 233 480 480

LiveZilla Live Help

Cara Produksi Keripik Sayur yang Bergizi Tinggi

Keripik Wortel Keripik Wortel

Keripik adalah salah satu jenis makanan ringan yang paling digemari oleh semua orang, baik tua maupun muda. Keripik menjadi jajanan favorit bagi kebanyakan orang karena rasanya yang gurih, enak dinikmati dalam beragam suasana, tidak mengenyangkan dan juga menyehatkan. Berbicara soal keripik yang menyehatkan dan bergizi tinggi, kali ini kami akan mengupas sebuah kajian singkat mengenai cara produksi keripik sayur yang bergizi tinggi.

Perlu diketahui bahwa keripik yang menyehatkan dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi adalah keripik yang berasal dari bahan mentah/segar yang bergizi, misalnya buah-buahan dan sayur-sayuran. Kabar baiknya, saat ini buah-buahan dan sayuran segar yang bergizi tinggi tadi ternyata bisa diolah menjadi keripik. Tentu saja ini kabar baik bagi Anda yang tidak memiliki kegemaran makan buah-buahan atau sayuran segar jenis tertentu. Keripik buah dan atau keripik sayur tentu dapat dijadikan sebagai solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi dari buah-buahan dan sayuran tanpa harus makan dalam bentuk segar.

Pertanyaannya, apakah kandungan nutrisi dari buah-buahan dan sayur tersebut masih banyak atau justru malah sudah rusak?

Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Setyawan et. al. [1], kandungan gizi dari keripik sayuran yang diolah dengan menggunakan penggoreng vakum tidak rusak dan ternyata relatif masih tinggi. Seperti pada keripik buncis, masih terkandung total karotenoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena berfungsi sebagai antioksidan. Demikian juga untuk sifat kimia yang lain seperti protein, vitamin C, kalsium, serat kasar, dan asam lemak bebas (FFA) yang jumlahnya masih tinggi pada produk keripik sayuran.

Mengapa bisa demikian? 

Karena proses penggorengan vakum dengan mesin vacuum frying berada dalam sebuah sistem tertutup yang tidak membutuhkan suhu kerja yang tinggi. Hanya dengan suhu 80-90 ⁰C saja minyak goreng sudah mendidih dan dapat digunakan untuk menggoreng buah-buahan atau sayuran segar. Struktur ikatan hidrokarbon pun juga tidak rusak sehingga minyak goreng dapat digunakan berkali-kali dalam proses penggorengan vakum. Minyak goreng ini tetap aman dan tidak akan menjadi bahan pemicu terjadinya kanker (karsinogenik) meskipun digunakan berkali-kali. Jadi kesimpulannya adalah kandungan gizi buah-buahan atau sayuran segar tidak berbeda jauh dengan keripik buah atau keripik sayuran yang dihasilkan dengan menggunakan mesin vacuum frying.

Bisnis pengolahan sayuran segar menjadi keripik sayuran siap santap memiliki prospek yang cukup cerah di Indonesia. Dengan iklimnya yang tropis, lahan yang masih subur, hasil hortikultura yang melimpah, Indonesia memiliki peluang cerah untuk menjadikan keripik sayuran dan keripik buah sebagai komoditas ekspor dengan pasar yang sangat besar di masa mendatang.

Sebagai contoh keripik wortel telah banyak dihasilkan di beberapa daerah di Indonesia dan volume penjualannya perlahan-lahan meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran yang mengandung serat dan juga bernutrisi tinggi seperti halnya keripik wortel yang mengandung vitamin A dan serat yang baik untuk kesehatan.

Anda penasaran, bagaimana cara memproduksi keripik sayuran yang bergizi tinggi? Berikut ini kami sajikan cara membuat keripik sayuran agar tetap terjaga kandungan nutrisinya.

1. Sayuran mentah/segar dipangkas dan dikupas.

2. Selanjutnya dicuci dan diiris sesuai selera, bisa tipis maupun kecil memanjang.

3. Dilakukan pemblansiran pada suhu + 800C dan penambahan bumbu sesuai selera.

4. Perendaman dalam larutan CaCl2 1000 ppm 30 menit.

5. Bahan digoreng menggunakan mesin vacuum fryer.

6. Hasil ditiriskan secara manual atau menggunakan mesin spinner.

Akhirnya, keripik sayuran yang kaya nutrisi dapat dinikmati maupun dikemas untuk dipasarkan.

Selamat menikmati...

Sumber:

1. Widaningrum dan Setyawan, Nurdi. 2009. Standarisasi Keripik Sayuran (Wortel) Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk Olahan Hortikultura. Balitbang Pasca Pertanian. Bogor. Diakses di http//www.bsn.go.id

Misbachul Munir

Misbachul Munir

IT Manager situsMESIN

Website: www.situsmesin.com
blog comments powered by Disqus

Member Area

 

Penulis

Komentar Terbaru