0341 9481 481 / 081 233 480 480

LiveZilla Live Help

Keripik Kesemek, Gimana ya Rasanya?

28 June 2011 By  Yuniar Risdiyanto Rizki
keripik kesemek keripik kesemek mesin keripik buah

Buah kesemek, mungkin sebagian kita agak asing dengan jenis buah yang satu ini. Jenis buah musiman ini memang sudah agak langka. Tapi sebenarnya masih mudah juga didapatkan di pasar tradisional di beberapa daerah di Pulau Jawa.

Beberapa saat yang lalu, kami mencoba mengolah buah kesemek menjadi keripik buah dengan menggunakan mesin vacuum frying. Proses pengolahan buah kesemek menjadi keripik kesemek melalui beberapa tahap antara lain tahap persiapan, tahap penggorengan, tahap penirisan dan tahap pengepakan.

Tahap persiapan, meliputi persiapan buah kesemek dan persiapan mesin vacuum frying. Buah kesemek dikupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis kurang lebih 0,5 cm kemudian dicuci dengan air bersih. Setelah itu mesin vacuum frying disiapkan dengan cara mengisi tabung penggorengan dengan minyak goreng. Lalu dipanasi sampai suhu kira-kira 81 derajat Celcius. Setelah itu buah kesemek yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam keranjang tabung penggorengan dengan posisi di atas atau tidak tercelup minyak.

Tahap penggorengan, dimulai dengan menyalakan pompa air untuk menjalankan sistem vakum. Kemudian setelah vakum dan suhu penggorengan tercapai proses penggorengan vakum pun dimulai. Proses penggorengan buah kesemek dengan mesin keripik buah membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam pada tekanan vakum -68 cmHg.

Tahap penirisan, digunakan untuk meniriskan minyak setelah tahap penggorengan. Penirisan dilakukan dengan mesin spinner. Sambil ditiriskan kami coba dulu rasanya. Karena kami belum pernah merasakan keripik kesemek sebelumnya. Dan ternyata, rasanya... unik dan menggemaskan lho.

Nah, setelah ditiriskan dan dicicipi dengan sempurna selanjutnya adalah tahap pengepakan. Pengepakan dilakukan dengan menggunakan mesin pengemas. Mesin spinner dan mesin pengemas termasuk dalam pembelian paket mesin vacuum frying buatan kami.

Anda tertarik usaha produksi keripik buah? Silahkan hubungi kami...

 

blog comments powered by Disqus

Member Area

 

Penulis

Komentar Terbaru