0341 9481 481 / 081 233 480 480

LiveZilla Live Help

Mau Coba Keripik Jeruk?

28 June 2011 By  Yuniar Risdiyanto Rizki
keripik jeruk keripik jeruk mesin vacuum frying

Keripik jeruk, apaan tuh? 

Begitu mungkin pertanyaan Anda ketika membaca judul tulisan ini. Yup, beberapa waktu yang lalu kami mencoba menggoreng jeruk dengan mesin produksi keripik buah atau lebih populer dengan sebutan mesin vacuum frying. Jeruk yang digoreng dengan mesin keripik buah kali ini dari jenis jeruk keprok atau jeruk peras. Kebetulan di dekat kantor kami dekat dengan sentra jeruk di Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Selorejo dan sekitarnya.

Penanaman jeruk lokal di daerah Desa Selorejo dan sekitarnya merupakan prakarsa dari Balitjestro sejak sekitar awal tahun 2000-an. Jadi selain dikenal dengan kota apel, kota Malang kini juga sudah mulai dikenal sebagai kota jeruk. Karena berdasarkan pengamatan kami, produksi jeruk dari Malang dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan dari sisi kuantitas dan kualitasnya.

Kita mengenal buah jeruk terdiri dari dua varian, jeruk keprok atau jeruk peras yang biasa dibuat untuk minuman jus jeruk dan jeruk buah yang biasanya dimakan segar setelah dikupas kulitnya dengan tangan. Nah, kali ini kami mencoba menggoreng jeruk keprok dengan metode penggorengan vakum. Suatu saat nanti kami akan coba bagaimana rasanya jeruk buah kalau digoreng vakum?

Seperti biasanya, proses penggorengan buah jeruk keprok dengan mesin vacuum frying melalui beberapa tahap. Antara lain persiapan buah jeruk, persiapan mesin vacuum frying, penggorengan, penirisan dan pengepakan. Buah jeruk disiapkan dengan cara dikupas dan dibersihkan dengan air bersih. Persiapan mesin vacuum frying dilakukan dengan cara pemanasan minyak goreng dan persiapan sistem vakum. Kemudian setelah tahap ini siap maka proses penggorengan vacuum pun dilakukan.

Proses penggorengan vakum berlangsung kurang lebih selamna 1 jam dengan tekanan kerja -68 cmHg. Dan hasilnya seperti terlihat dalam gambar di atas. Setelah digoreng vakum, buah jeruk keprok yang sudah menjadi keripik jeruk selanjutnya ditiriskan menggunakan mesin spinner. Setelah ditiriskan dan dikeringanginkan, keripiik jeruk siap dikemas dengan menggunakan mesin packing.

Sebelum di-packing kami mencoba mencicipi rasanya. Dan ternyata, maknyus... Rasanya unik dan nagihi. Maksudnya semakin dimakan semakin pengen nambah lagi. Sampai akhirnya habis tak bersisa dan ga jadi di-packing. Hehehe...

Anda pengen coba aneka keripik buah yang unik? Segera hubungi kami...

blog comments powered by Disqus

Member Area

 

Penulis

Komentar Terbaru