0341 9481 481 / 081 233 480 480

LiveZilla Live Help

situsMESIN.com Sebagai Top 50 UKM di Dunia Online dari Majalah Marketeers

situsMESIN.com adalah sebuah website yang berisi profil perusahaan sekaligus katalog produk online untuk penjualan aneka mesin agroindustri buatan lokal dan mesin pengemas impor. Website ini berfungsi sebagai saluran promosi produk mesin-mesin agroindustri yang kami produksi sendiri dan aneka mesin pengemas untuk men-support beragam bisnis skala UKM, menengah dan industri.

Kami memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan kekuatan internet sebagai daya ungkit usaha menuju tingkat yang lebih tinggi. Website yang user friendly dan search engine friendly, penerapan teknik SEO (search engine optimization) yang terencana dan terarah, optimasi konten melalui kegiatan blogging, dan aktif di social media populer adalah perhatian utama kami dalam merintis, menjalankan, membangun dan mengembangkan bisnis ini.

Proyek pembuatan website situsmesin.com dimulai pada akhir bulan Juni 2007 dan berhasil mengudara/online sejak tanggal 01 Oktober 2007. Sebenarnya ide pembuatan website ini secara tidak sengaja saya temukan pada akhir tahun 2006. Saat itu salah seorang kolega saya di Pekanbaru, Riau mencari sebuah mesin produksi keripik buah (vacuum frying) untuk bisnis UKM yang akan dirintisnya. Menurut informasi yang diperolehnya dari internet salah satu produsen mesin vacuum frying berada di kota tempat saya tinggal, Malang. Waktu itu saya diminta mengecek keberadaan perusahaan tersebut dan membantu proses pemesanan hingga pengiriman ke tempat beliau.

Nah, dari sinilah saya melihat adanya peluang bisnis penjualan via internet untuk produk mesin-mesin agroindustri dan aneka mesin pengemas untuk men-support bisnis UKM. Saya pun kemudian melakukan sejumlah penelitian kecil untuk menelisik sampai sejauh mana peluang dan tantangan bisnis di bidang ini, mempelajari bagaimana pola permintaan konsumennya, mencari tahu siapa saja kompetitornya, mata rantai bisnis ini mulai hulu hingga hilir, dan lain sebagainya. Hingga tiba pada satu kesimpulan bahwa peluang bisnis ini memang layak untuk ditekuni dan perlu.

Sampai disini saya masih belum merasa perlu untuk segera terjun pada bisnis ini. Hingga suatu ketika saya mengalami kegagalan bisnis pada awal tahun 2007. Bisnis franchise merk donat lokal yang saya rintis sejak tahun 2004 mengalami pailit karena mis manajemen dan beberapa faktor eksternal lainnya. Modal yang saya miliki terkuras habis dengan meninggalkan hutang yang banyak dimana-mana. Puluhan juta Rupiah piutang dagang yang tak tertagih di beberapa orang tenaga penjual (salesman) semakin melengkapi kisah kegagalan saya dan membuat kondisi bertambah runyam.

Di tengah-tengah kondisi carut marut seperti inilah saya mulai melihat satu-satunya peluang untuk kembali bangkit dari peluang bisnis yang pernah saya riset pada akhir tahun 2006. Saya mulai meyakini kekuatan internet sebagai alat bantu promosi yang powerfull. Saya temukan lagi semangat dan passion saya karena bidang bisnis ini ternyata juga sesuai dengan minat saya. Akhirnya dengan kondisi yang serba terbatas saya menemukan kembali momentum untuk bangkit dari keterpurukan. Jadi, satu-satunya alasan logis saya terjun dalam bisnis ini adalah the power of kepepet. Segala macam bentuk tantangan, hambatan, kekurangan dan kelemahan yang saya miliki terlihat begitu kecil. Tiba-tiba saja muncul keberanian yang begitu besar karena terdorong dari kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi.

Bermodalkan kepercayaan dari seorang teman produsen mesin-mesin agroindustri saya mulai merintis usaha penjualan mesin via internet. Saya mulai membentuk tim pembuatan website situsmesin.com, mengerjakan proses pembuatannya selama tiga bulan dan memulai bisnis ini secara online dengan modal hanya Rp. 150 ribu untuk sewa domain dan hosting selama setahun.

Versi pertama website ini lebih menekankan pada konsep promosi produk melalui katalog produk yang dipublikasikan secara online. Beragam produk mesin agroindustri dan cara-cara pemesanannya menjadi konten utama di dalamnya. Kami memilih Google sebagai sarana promosi yang relatif mudah, murah bahkan gratis dan powerfull. Akhirnya kami pun mempelajari, mendalami dan mempraktekkan teknik SEO yang baik dan benar dalam website kami.

Ternyata upaya ini butuh waktu dan tidak langsung menghasilkan. Saya merasakan betul naik turunnya semangat dalam proses ini. Sejak dirilis pada tanggal 01 Oktober 2007 website ini belum benar-benar menghasilkan. Sampai akhirnya pada bulan Juli 2008 kami mendapatkan penjualan perdana dari website ini. Sembilan bulan lamanya upaya optimasi yang dilakukan tim saya benar-benar membuahkan hasil. Dan kami telah membuktikan bahwa Google adalah sarana promosi yang mudah, murah dan powerfull untuk pebisnis pemula seperti saya. Sejak saat itulah website kami selalu menduduki posisi awal di halaman pertama untuk kata kunci yang berkaitan dengan mesin agroindustri.

Fungsi utama dari website versi pertama ini saya maksimalkan dengan melakukan upaya SEO secara terarah dan terencana, merespon setiap email yang masuk dengan cepat dan tepat hingga membuka layanan chatting, telpon dan SMS non stop 24 jam.

Menyadari brand kami terus tumbuh dan dikenali oleh semakin banyak konsumen maka sedikit demi sedikit saya dan tim mulai melakukan perubahan, perbaikan dan penyempurnaan pada sistem online dan offline bisnis kami. Hingga pada pertengahan tahun 2009 kami merilis website situsmesin.com versi kedua.

Konsep desain, fitur dan konten produk pada versi kedua ini lebih lengkap dan menarik. Kami mulai melakukan aktifitas blogging dengan membuat website dengan konsep blog (http://situsmesin.net). Website ini senantiasa terhubung dan terintegrasi dengan website utama situsmesin.com.

Selain berisi katalog produk online, website versi kedua ini dilengkapi dengan informasi tentang profil perusahaan, klien-klien kami dan beragam artikel menarik seputar kegiatan kami, teknologi terbaru di bidang mesin agroindustri dan mesin pengemas serta informasi tentang peluang bisnis UKM.

Sampai pada tahap ini brand kami semakin dikenal luas oleh khalayak ramai. Jumlah kunjungan website mulai meningkat tajam, respon konsumen via chatting, email, telpon dan SMS juga meningkat. Dan yang lebih menggembirakan lagi kami pun mendapatkan pesanan perdana dari luar negeri (Malaysia). Respon dari konsumen lokal pun tak kalah menggembirakan. Kami mulai mendapatkan pesanan mesin dari pelosok-pelosok nusantara mulai dari Aceh hingga Papua. Sehingga omzet penjualan pun ikut terkatrol.

Pada tahun 2010 kami masih bertahan dengan website versi kedua ini dan mendapatkan respon yang lebih banyak lagi dari konsumen dalam negeri dan luar negeri. Pada tahun ini kami mendapatkan pesanan mesin dari pembeli di Swedia dan mendapatkan kesempatan sekali lagi untuk mengekspor mesin ke sebuah universitas pertanian terkemuka di Nigeria.

Aktifitas SEO dan blogging menjadi kegiatan rutin saya dan tim di dunia online. Meskipun social media sudah mulai tumbuh dan berkembang sejak tahun 2009 namun kami masih menyandarkan aktifitas utama kami pada kegiatan SEO dan blogging. Dengan omzet yang terus meningkat dan permintaan konsumen yang juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya maka pada awal tahun 2010 kami mulai membentuk divisi baru khusus untuk produksi. Kami membuka workshop pembuatan mesin-mesin agroindustri dengan formasi awal sepuluh orang tenaga teknis dan tiga orang tenaga ahli. Kami pun mulai mengerjakan pesanan mesin di workshop kami sendiri. Spesialisasi kami adalah pembuatan mesin-mesin agroindustri berbahan dasar plat stainless steel food grade dengan pengelasan argon.

Pada akhir bulan Juni 2011 kami berhasil merilis website versi ketiga. Pada versi yang ketiga ini kami berusaha tampil baru lebih fresh, simple dan inspiring. Tim kami mulai memberikan perhatian detail kepada desain logo yang menarik, pemilihan warna branding yang lebih berkesan, pembuatan situs mobile (mobile site dengan alamat http://m.situsmesin.com), user interface (UI) dan user experience (UX) yang lebih baik, navigasi yang lebih mudah, sistemisasi konten dengan CMS (content management system), integrasi dengan social media dan fitur-fitur baru yang lebih lengkap.

Kegiatan blogging yang selama ini dilakukan di beberapa website juga mulai diintegrasikan dalam satu sistem blog network yang beralamat di http://situsmesin.net. Secara khusus kami juga mulai memasuki kanal social media sebagai sarana promosi baru yang layak dicoba dan perlu. Berikut ini informasi link kami di social media:

Facebook: http://facebook.com/situsmesin

Facebook Fan Page: http://facebook.com/situsmesin.net

Twitter: http://twitter.com/situsmesin

LinkedIn: http://linkedin.com/in/situsmesin

YouTube Channel: http://youtube.com/user/cssitusmesin

Hasil nyata dari upaya yang dilakukan pada website versi ketiga ini adalah kami kembali mendapatkan pesanan mesin dari luar negeri. Tidak tanggung-tanggung kali ini kami mendapatkan pesanan mesin dari Hungaria dan Malaysia. Beberapa konsumen lama pun banyak yang mengontak dan mulai melakukan repeat order.

Saat ini kami mengelola bisnis situsmesin.com bersama 6 orang personil di bagian marketing dan 25 orang personil di bagian produksi. Dengan sebuah ruko sebagai pusat kegiatan marketing, perkakas kerja yang lebih lengkap dan area workshop seluas 480 m2 kami siap menerima dan melayani pesanan pembuatan mesin-mesin agroindustri dan mesin pengemas untuk men-support beragam bisnis skala UKM, menengah dan industri dari seluruh nusantara dan mancanegara.

Pengalaman saya adalah contoh nyata dari sebuah bisnis yang dirintis dari nol yang kemudian bisa berjalan dan berkembang pesat dengan memanfaatkan kekuatan teknologi informasi dan internet. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan pengetahuan dan memberikan inspirasi bagi siapa saja khususnya para pelaku UKM agar selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan level usahanya.

Mari kita dukung sepenuhnya Gerakan Bisnis Lokal Go Online...

NB: Daftar Top 50 UKM Go Online 2012 silahkan klik link ini Top 50 UKM di Dunia Online dari Majalah Marketeers.

blog comments powered by Disqus

Member Area

 

Penulis

Komentar Terbaru